• Breaking News

    Membudidayakan Labu Siam

    Labu siam (Sechium edule) termasuk dalam keluarga cucurbitaceae dengan cirri batang penunjang menjalar, mengandung air dan lunak, labu siam memiliki warna buah yang beragam antara lain kuning, hijau muda dan hijau tua, buah labu siam banyak mengandung pati. 

    Persyaratan tumbuh labu siam 

    Tanaman labu siam tumbuh baik di dataran tinggi dengan ketinggian 900-1100 mdpl, suhu yang baik untuk pertumbuhannya ialah 21-29 derajat celcius pada siang hari dan 15-20 derajat celcius pada malam hari, tanaman labu siam memerlukan tanah yang gembur, berpasir, subur dan banyak mengandung humus. 

    Budidaya labu siam 

    Membudidayakan Labu Siam

    Persiapan bibit 

    Labu siam diperbanyak dengan menggunakan labu yang sudah tua, buah yang akan dijadikan bibit terlebih dahulu disimpan di tempat yang lembab, apabila tunas telah tumbuh kurang lebih 30 cm baru dipindahkan kelapangan. 

    Persiapan lahan 

    Labu siam ditanam dengan menggunakan para-para, tinggi para-para sekitar 220 cm dan dengan tiang pancang setiap 3 m x 5 m, bagian atas memakai anyaman bamboo, panjang dan lebarnya disesuaikan dengan keadaan lahan serta jumlah tanaman yang ditanam. 
    Membudidayakan Labu Siam

    Penanaman dilakukan dengan cara membuat lubang tanah berukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 20 cm, jarak antar lubang 3 m dan antar baris 5 m, kerapatan tanamn antara 1200 – 1500 tanaman perhektar. 

    Pemupukan 

    Pupuk yang diperlukan terdiri atas pupuk kandang dan pupuk buatan, pupuk kandang diaplikasikan sebanyak 5 kg/lubang, dan pupuk buatan (NPK 15:15:15) sebanyak 50 g/lubang, yang diberikan pada awal pertumbuhan dengan cara dibenamkan dekat batang labu siam, pemupukan susulan dilakukan dengan melarutkan pupuk NPK sebanyak 10 g/liter air yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. 

    Pemeliharaan tanaman 

    Pemeliharaan yang diperlukan antara lain memangkas daun yang sudah tua, dan mengurangi daun apabila daun terlalu lebat. 

    Panen dan pascapanen 
    Membudidayakan Labu Siam

    Tanaman mulai berbunga pada umur 3-5 bulan setelah tanam, buah dipanen setelah berumur 3 bulan, kemudian panen berikutnya dilakukan satu minggu sekali, tanaman labu siam biasanya produktif selama 3-4 tahun, setelah itu dilakukan peremajaan dengan menanam tanaman baru untuk menjaga produktifitas, satu tanaman dapat menghasilkan sebanyak 500 buah, produksi labu siam dapat mencapai 8 – 10 ton/tahun. 

    Pemanenan dilakukan dengan menggunakan pisau, tetapi harus dilakukan dengan hati –hati agar tidak melukai kulit buahnya yang halus dan mudah lecet.

    No comments

    Post Top Ad