• Breaking News

    Pestisida Yang Digunakan Untuk Mengendalikan Hama Ulat Batang Pada Kedelai

    Serangan hama lalat batang pada tanaman kedelai sangat merugikan petani, lebih seringnya petani tidak menyadari keberadaan hama ini, karena pada umumnya induk lalat meletakkan telurnya di bawah daun, dan itu sulit sekali di deteksi. 

    Larva dari lalat ini merusak tanaman kedelai dari dalam, sehingga jika tidak segera di atasi bisa membahayakan tanaman, serta merusak pertumbuhan kedelai, jika sudah terdapat lalat pada areal pertanaman kedelai, maka sebaiknya waspada dan perhatikan tanamannya. 

    Lalat batang atau dikenal juga dengan nama latinnya Melanagromyza sojae, merupakan serangga diptera, dibawah ini kita sajikan tabel pestisida yang bisa digunakan untuk membasmi hama lalat batang, penyemprotan tanaman kedelai bisa dilakukan ketika tanaman berumur 12 hari, atau bila populasi hama mencapai ambang kendali (1 imago/ 50 rumpun). 

    Tabel Insektisida untuk mengendalikan hama lalat batang Melanagromyza sojae
    Nama Insektisida Bahan Aktif
    Arrivo 30 EC Alfa Sipermetrin
    Aldigi 500 EC BPMC
    Alphadine 6 GR Dimehipo
    Neptune 20 EC Imidakloprid
    Basban 200 EC Klorpirifos
    Bassa 500 EC BPMC 480 g/l
    Curater 3 G Carbofuran
    Cypermax 100 EC Sipermetrin
    Decis 2,5 EC Deltametrin
    Ofunak 40 EC Piridafention
    Orthene 75 SP Asefat
    Petroban 200 EC Klorpifos
    Vertigo 100 EC Sipermetrin
    Veloso 400 SL Asefat
    Tetris 30 EC Teta Sipermetrin
    Tanicord 50 EC Sipermetrin
    Sumithion 50 EC Fenitrotion
    Sumialpha 25 EC Esfenvalerat
    Stratin 420 SL Monosultap
    Smackdown 100 EC Sipermetrin
    Sidazinon 600 EC Diazinon
    Sidamethrin 50 EC Sipermetrin
    Sidabas 500 EC BPMC
    Scud 50 EC Sipermetrin
    Sanming 400 SL Monosultap
    Samba 100 EC Etofenfroks
    Ripcord 50 EC Sipermetrin
    Regent 50 EC Fipronil

    Morfolog lalat batang Melanagromyza sojae 

    Lalat yang sudah besar berwarna hitam, bentuk tubuhnya serupa dengan lalat bibit kacang, dengan sayap transparan. Ukuran tubuh serangga betina 1,88 mm dan serangga jantan 3,90 mm. 

    Lalat batang ini meletakkan telur pada bagian bawah daun sekitar pangkal tulang daun di daun ketiga dan daun yang lebih muda, ketika lalat mulai meletakkan telurnya dari sinilah terror terhadap tanaman dimulai, telur lalat berbentuk oval dengan ukuran panjang 0,36 mm dan lebar 0,13 mm. 
    Pestisida Yang Digunakan Untuk Mengendalikan Hama Ulat Batang Pada Kedelai


    Setelah 2–7 hari pada situasi dan iklim yang beruntung telur menetas menjadi larva dan dia mulai makan jaringan daun, setelah merakuskan diri pada daun tidak lama kemudian larva menuju batang melalui tangkai daun, dan masuk serta menggerek batang bagian dalam. Didalam batang inilah kepompong mulai terbentuk dengan ukuran panjang 2,35 mm dan lebar 0,80 mm. 

    Gejala serangan lalat ini bisa diamati pada daun kedelai, jika pada daun tanaman muda terdapat bintik-bintik, itu merupakan bekas tusukan alat peletak telur dari serangga lalat dewasa. 

    Lubang gerekan larva pada batang dapat menyebabkan tanaman layu, mengering dan mati, jika daun tanaman banyak terserang maka kemungkinan besar kedelai bisa gagal panen. 
    Pestisida Yang Digunakan Untuk Mengendalikan Hama Ulat Batang Pada Kedelai

    Keganasan lalat batang Melanagromyza sojae ini tidak saja bisa terjadi pada tanaman kedelai saja, lalat batang kacang ini dapat juga menyerang kacang hiris, kacang uci, kacang hijau, Flemingia sp. dan Phaseolus sublobatur. 

    Cara mengendalikan lalat batang selain menggunakan insektisida, adalah dengan memanfaatkan jerami, memperlakukan benih sebelum tanam dengan merendamnya bersama pestisida. 

    Usaha pengendalian hama lalat batang dilakukan dengan harapan kerusakan yang ditimbulkan tidak merugikan petani, dan yang paling penting diperhatikan selain menggunakan pestisida ini, hama lalat juga bisa dikendalikan dengan cara perlakuan teksnik, yaitu dengan membuat jebakan atau perangkap, seperti misalnya perangkap kuning, yang memanfaatkan lem tikus sebagai medianya.

    No comments

    Post Top Ad